Browse By

Berburu Buku di Wilis

Suasana di salah satu sudut Pasar Wilis (dok./linimassa)

Menelusuri Kota  Malang ketika sore hari sangat tepat mengingat kota ini berhawa dingin.  Meskipun tempat wisatanya masih kalah dari Bali, tetapi Malang sebagai salah satu kota pendidikan sangat terasa  nuansanya. Kali ini kita akan menelusuri sudut-sudut Pasar Buku  Wilis.

Pasar  ini dikelola serius pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kota Malang agar dapat menujang kebutuhan masyarakat Malang sebagai kota pendidikan. Harga buku di Wilis dapat ditawar, dimulai dari Rp 10.000,00. Tidak heran, pasar buku ini di selalu diburu para pelajar maupun kalangan umum asal kota Malang bahkan dari luar kota Malang.

Sewaktu-waktu, ada juga yang memanfaatkan Wilis sebagai tempat bisnis baru untuk penggalian dana. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) misalnya menggelar Bazar Buku untuk penggalian dana.  Buku yang mereka jual bekerja sama dengan seorang pemilik lapak buku bernama Sibukmainbuku di Wilis. 

Suasana Wilis begitu merakyat ketimbang kita ke toko buku konvensional yang modern. Koleksi buku di Wilis bahkan cukup lengkap. Kita juga dapat berkomunikasi secara verbal dengan para penjual.  Jangan khawatir, semua harga yang ditawarkan masih bisa ditawar. Di Bali tidak ada lapak buku sedemikian ramahnya bukan?

Jadi, kalau kawan-kawan ke Malang, sempatkanlah ke Wilis sejenak. Beragam referensi kuliah maupun buku-buku langka lainnya bisa didapatkan di sini. Mari membaca, kemudian menulis. (Novi Febriani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *