Browse By

Dari Musma FISIP Udayana Tahun 2013

Musma merupakan forum tertinggi di FISIP yang diadakan setiap tahun. Musma kali ini diselenggarakan pada tanggal 7-8 Februari 2013 lalu. Peserta musma merupakan perwakilan dari setiap organisasi mahasiswa di lingkungan FISIP Udayana.

 Suasana Sidang Musyawarah Mahasiswa (Musma) FISIP Udayana 2013. (Foto: dok. BPM)

Musma tahun ini mendapat berbagai tanggapan dari beberapa peserta musma. Salah satunya dikritisi oleh Wakil Gubernur BEM FISIP, Imma Triana. Menurutnya, panitia Musma belum terlalu siap mengadakan kegiatan tahunan tersebut. “BPM (periode 2011-2012 – red)  sangat tidak siap dalam penyelenggaraan Musma. Acaranya juga sangat terlambat dari sisi waktu,” kata mahasiswa Administrasi Negara angkatan 2010 ini.

Terkait ketidaksiapan panitia tersebut, Aditya Parama Putra yang saat itu masih menjabat Ketua BPM FISIP menilai memang terdapat beberapa kekurangan dalam penyelengaraan Musma kali ini. Menurutnya, salah satu kendala yang menyebabkan molornya Musma 2013 adalah soal pendanaan. “Waktu itu Pembantu Dekan  II tidak memberikan kami dana untuk menyelenggarakan musma,” ujar Adit, begitu pria ini dipanggil Sabtu (02/3), saat dihubungi via telepon.

 

Minim Peserta

Ketua Panitia Penyelenggaran Musma, Ika Prima Yanthi, jutru melihat kurangnya jumlah peserta dalam musma kali ini lebih disebabkan karena tidak mampunya BPM dalam melakukan sosialisasi. “Sosialisasi yang kurang menjadi kendala mengapa Musma kali ini sedikit pesertanya”, ujarnya Sabtu (02/3).

Ika juga lebih juga lebih lanjut menyinggung soal peserta yang keluar masuk sidang seenaknya lebih disebebkan karena tidak adanya tata tertib yang mengatur hal itu, “Tidak ada tata tertib yang melarang peserta untuk keluar masuk sidang musma”.

Ke depannya, Wakil Gubernur BEM berharap peristiwa tersebut tidak terulang lagi. Menurutnya, permasalahan sepele seperti itu akan mengganggu terselenggaranya proses musyawarah mufakat karena ketidakpedulian mahasiswa dalam mengikuti Musma. (I Putu A. Wira Sudewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *