Browse By

Net. Bali Ajak Mahasiswa Kenali Dunia Pertelevisian Lebih Dalam

sharing session with net

Para peserta “Sharing Session With Net. Bali” tengah mendengarkan pemaparan materi dari Andi yang merupakan seorang video jurnalis sekaligus pembicara dari Net. Biro Bali, bertempat di Ruang Nusantara Lt.4 Gd. Agrokompleks, Rabu (17/05/2017)

Dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke-2, Net. Biro Bali menggelar “Sharing Session With Net. Bali” bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi dan Medikom Universtas Udayana pada hari Rabu (17/05/2017) bertempat di Ruang Nusantara Agro Kompleks Kampus Unud Sudirman. Selain dihadiri oleh pihak penyelenggara, acara ini turut diramaikan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2014-2016 dan seluruh anggota Medikom Universitas Udayana.

Ali Wahyudi yang merupakan Kepala Biro Net. Bali mengungkapkan bahwa acara Sharing Session ini bertujuan sebagai ajang berbagi pengalaman mengenai dunia jurnalistik terutama di bidang pertelevisian.

“Kami dengan teman-teman FISIP ini kebetulan mempunyai visi yang sama, dalam arti kami ingin berbagi ilmu atau pengalaman dan berbagi bagaimana sih dunia jurnalistik itu,” ungkap Ali Wahyudi.

Acara ini berlangsung sejak pukul 10.00 WITA yang dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Adapun empat orang yang menjadi pembicara yaitu staf di Net. Biro Bali dan sekaligus merupakan praktisi di bidang produksi berita TV, editor, video jurnalis, reporter, dan presenter.

“Kami lebih mengutamakan ke diskusi, nanti kami sebagai praktisi akan membagikan pengalaman kami. Mungkin teman-teman juga ada yang pengin tau atau bertanya, ya seperti itu,” tambah Ali Wahyudi.

Sharing Session dengan Net. Bali diawali dengan pemaparan dari empat staf dari Net. Biro Bali. Adapun materi yang dipaparkan yaitu mengenai cara membuat berita TV dari perencanaan, proses liputan, proses editing berita dan on air. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dilanjutkan dengan lomba foto di instagram dengan like terbanyak dan juga lomba live report yang diikuti oleh lima pasang peserta.

Peserta kompetisi live report ini akan ditantang praktek secara on the spot. Dengan ketentuan, satu tim terdiri dari satu VJ (kameramen:red) dan satu orang reporter. Lima pasangan ini kemudian akan diberikan isu berita yang berbeda sebelum melakukan live report.

“Jadi mungkin ini akan lebih ke praktek, karena kami di bidang televisi nanti akan ada sedikit praktek bagaimana untuk melakukan live report atau bagaimana nanti untuk menulis naskah televisi seperti apa, bagaimana caranya mengambil gambar, seperti itu,” Ujar Ali Wahyudi.

Acara Sharing Session dengan Net. Biro Bali ini ditutup dengan pembacaan pemenang lomba foto di instagram dan live report. Ali Wahyudi yang sekaligus menjadi penanggung jawab acara ini berharap agar seluruh peserta dapat mengenal dunia pertelevisian itu seperti apa dan tertarik untuk terjun ke dunia pertelevisian.

“Ya harapan kami semoga teman-teman lebih mengenal lagi bahwa dunia pertelevisian itu seperti apa, lebih baik lagi apabila mereka mau bergabung dengan kami,” tutupnya.

Meyta Jayantri salah satu peserta merasa sangat terkesan dengan acara ini dan berharap agar acara seperti ini lebih sering diadakan. Sama halnya dengan Meyta, Rio yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016 mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangat penting diadakan terutama untuk menambah ilmu  pengetahuan. (Santika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *