Browse By

Orasi Kebhinnekaan, Serukan Suara Kita Udayana

Seorang peserta aksi membubuhkan tanda tangan pada spanduk bertuliskan "Kita Indonesia" di depan Kampus Universitas Udayana, Jln. PB Sudirman, Denpasar, Selasa, 9 Mei 2017. Dalam aksi tersebut, Universitas Udayana (Unud) menyatakan menolak radikalisme, terorisme, dan paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara. Aksi yang terutama menyoroti isu infiltrasi paham khilafah ke kampus-kampus di Indonesia ini diikuti oleh berbagai elemen civitas akademika di lingkungan Unud. (Rai Sukmaning/Linimassa)

Seorang peserta aksi menutupi wajahnya dengan poster bertuliskan “Kita Indonesia” di depan Kampus Universitas Udayana, Jln. PB Sudirman, Denpasar, Selasa, 9 Mei 2017. Dalam aksi tersebut, Universitas Udayana (Unud) menyatakan menolak radikalisme, terorisme, dan paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara. (Rai Sukmaning/Linimassa)

Sebuah aksi nasionalisme berlangsung di depan Kampus Universitas Udayana, pada Senin (09/05/2017). Aksi yang melibatkan mahasiswa, rektorat, serta jajaran dekanat ini digarap dalam rangka menyerukan penolakan pada segala bentuk ideologi selain ideologi bangsa, Pancasila. Bertajuk “Kita Indonesia”, aksi yang dikoordinir oleh BEM PM Universitas Udayana ini berlangsung dengan diwarnai antusiasme ratusan mahasiswa yang hadir.

Dengan acara utama orasi kebhinnekaan, aksi ini diawali dengan pembukaan oleh Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Udayana. “Aksi ini tidak menyinggung SARA, baik itu ras, agama, maupun golongan. Namun siapapun yang mencoba memecah belah NKRI, sudah pasti kita mendukung NKRI!” seru I Komang Arta Yasa, selaku Presiden Mahasiswa Universitas Udayana, dalam pembukaannya.

Aksi kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan teater kebhinnekaan dan orasi terkait penolakan paham radikalisme yang disinyalir dapat memecah belah kebhinnekaan bangsa. Orasi-orasi kesatuan dari perwakilan fakultas serta rektorat secara bergantian dikumandangkan di depan Cakra Udayana Kampus Sudirman Universitas Udayana. Meski orasi yang dikumandangkan memiliki susunan kata yang berbeda, semua orasi yang mewakilkan suara dari aksi tersebut tetap bertujuan mengajak semua yang terlibat untuk menjaga kesatuan NKRI. (Nandini, Panji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *