Browse By

Pesan Positif Creators for Change

Cameo Project saat memberikan materi tentang penitngnya menyebarkan konten positif di media digital. Senin, 24 April 2017 (Kumkum)

Cameo Project saat memberikan materi tentang penitngnya menyebarkan konten positif di media digital. Senin, 24 April 2017 (Kumkum)

          Bertajuk “How Important to Spread Positive Content in Digital Media” Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP Unud menyelenggarakan kegiatan Workshop 1nDONEsia “Creators For Change” bekerjasama dengan Cameo Project yang bertempat di Ruang Nusantara Gedung Agrokomplek, Kampus Unud, Sudirman pada hari Senin (24/4).

               Dimulai pukul 09.00 WITA, workshop diawali dengan sesi sharing dari anggota Cameo Project mengenai bagaimana penggunaan media digital khususnya internet dan media sosial saat ini. Dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang proses pembuatan video berkonten positif untuk diunggah ke YouTube. Setelah istirahat makan siang, workshop kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek membuat video yang dibawakan oleh beberapa pembicara, yaitu Giovander Louis, Gerald Sebastian dan Minyo33.

               Menurut salah satu anggota Cameo Project, Bobby Tarigan, penentuan ide awal, menjadi hal terpenting sebelum membuat sebuah konten video yang menarik.  “Ide awal akan menentukan apakah konten ini akan mau dilihat orang, atau akan berhasil atau tidak. Di brainstorming ini jangan takut untuk punya ide, karena ide itu gak ada yang jelek, jangan takut untuk diketawain sama temen-temen,” ujar Bobby.

        Bobby juga memberikan sebuah formula agar para peserta nantinya tidak takut untuk berimajinasi dalam proses membuat konten video.

             “Jangan membatasi imajinasi dari awal, karena banyak orang yang membatasi imajinasi mereka dari awal akhirnya mereka hanya memproduksi hal – hal yang biasa. Produksi itu hanya akan mengikuti kemampuan kalian, karena ide kalian adalah besar,” jelas Bobby.

             Menurut salah satu peserta, I Gede Wega Prastama, workshop ini memberi manfaat untuk lebih kreatif menggunakan media sosial melalui penyampaian yang mudah diterima anak muda.

             “Workshop Cameo Project ini memberi manfaat kita untuk lebih kreatif menggunakan media sosial sebagai ajang menunjukkan nilai – nilai sosial politik secara lebih enak ditangkap oleh anak muda jaman sekarang, serta media sosial bisa dijadikan wadah yang positif dalam bersosialisasi tentang keadaan sosial di masyarakat pada umumnya,” tutur Wega.

               Acara ini semakin menarik karena dibawakan dengan sangat interaktif, ringan, tapi tetap sarat akan nilai – nilai positif. Tak ketinggalan, peserta juga dihibur oleh penampilan Yudist Ardana, seorang magician dari Bali yang kini juga aktif membuat konten video positif di YouTube. Membawa pesan “Creators for Change” workshop ini diharapkan menjadi ajang untuk menciptakan pembuat konten – konten positif guna mengubah dan menangkal berbagai konten negatif yang telah membanjiri internet dan media sosial. (Kumkum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *