Browse By

PHIWEDARI, Kupas Tuntas Seluk Beluk Film Market Dokumenter Indonesia

NOBAR.  antusiasme peserta ketika menonton film bersama.

NOBAR.
antusiasme peserta ketika menonton film bersama.

Kamis (23/2/17) PHIWEDARI bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Udayana, menggelar kegiatan Screening dan Workshop Film. Kegiatan Screening dan Workshop film tersebut mengulas tuntas terkait film market dokumenter.

Kegiatan tersebut dipisahkan menjadi dua lokasi berbeda. Lokasi pertama di Gedung B FISIP Unud sebagai lokasi screening film, sedangkan Gedung C Ruang 1 dan Ruang 2 digunakan sebagai lokasi untuk workshop film tersebut. Dimulai pada pukul 14.00 Wita dan berakhir 17.30 Wita, kegiatan ini berhasil mengumpulkan sebanyak 105 orang peserta yang terdiri dari peserta umum dan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unud. Dalam kegiatan ini hadir pula para pembicara, yaitu Dutty Kadarusman dan Bunga Inesa.

Pada kegiatan tersebut pihak Phiwedari mengulas dua film dengan judul Pinky Promise dan Au Lorun (I’m Weaving atau Aku Menenun). Film Pinky Promise sendiri adalah sebuah film drama Indonesia yang mengisahkan persahabatan antara wanita yang memiliki latar belakang dan perbedaan usia yang membuat kisah ini penuh dengan lika-liku. Sedangkan Au Lorun adalah film dokumenter yang mengulas cerita inspiratif para penenun dan kisahnya dalam proses pembuatan kain tenun. Tidak hanya itu film ini juga mengangkat sosok-sosok hebat di balik sehelai kain yang indah.

Kegiatan ini banyak mengulas terkait film market, sistem dan cara penyebaran film dokumenter, serta durasi film dokumenter. Tidak ketinggalan, para pembicara juga melakukan diskusi ringan terkait pendistribusian dan pengenalan terkait film market. Acara pun tidak berhenti sampai di sana. Pada hari Jumat (24/2/17) agenda screening dan workshop film kembali dilanjutkan dengan mengulas empat film dokumenter yang berbeda dengan hari sebelumnya.

PHIWEDARI sendiri merupakan sebuah perusahaan distribusi film yang berbasis di ibu kota Indonesia, Jakarta. Perusahaan ini memberi perhatiannya untuk membawa film ke ranah yang tepat. Melalui program distribusi, perusahaan ini berkomitmen untuk membantu film memperoleh penonton. Selain itu perusahaan ini juga bekerja dengan banyak pembuat film Indonesia dan kalangan praktisi (dikutip dari website www.phiwedari.com). Tujuan PHIWEDARI mengadakan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan film indonesia dan membahas tentang perfilman indonesia, khususnya di kalangan para remaja.

“Acara ini sangat bagus, karena selain mempelajari manifestasi dari ilmu komunikasi sendiri, kita juga lebih memahami dan dapat menghargai karya perfilman indonesia. Kita dapat membuktikan bahwa kualitas film di indonesia sangat tinggi,” ungkap Putu Wela Atsyukayanti salah satu peserta kegiatan tersebut. (Windy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *