Browse By

Selebrasi Economix MUN ke-15 : Sambut Peserta Berbagai Belahan Negara

feb ui gec

Sebagai agenda tahunan, KANOPI Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan Economix MUN ke-15. Acara tingkat internasional kali ini mengangkat tema tentang “Economix : Global Economix”. Kegiatan yang dikelola oleh organisasi kemahasiswaan FEB UI ini akan diramaikan dengan beberapa acara utama, yaitu Seminar Internasional, Kompetisi, dan Economix MUN serta ada event mini berupa kompetisi Mini Esai.

Adapun tema seminar yang diangkat bertajuk tentang “The Resurgence of Neo-Protectionism : A Changing World”, akan diisi dengan diskusi dan tanya jawab mengenai perubahan dunia menuju era Neo-Proteksionisme. Dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dari berbagai negara untuk membahas isu tersebut, acara seminar internasional ini akan dibagi menjadi tiga sesi. Disetiap sesi diskusi disediakan subtema  masing-masing.

Seminar internasional yang akan berlangsung pada Hari Senin, 13 November 2017  di Auditorium  Soeria Atmadja, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok ini bisa diikuti oleh mahasiswa berbagai latar belakang dari seluruh negara. Melalui pembelian tiket seharga Rp 50.000 (early bird) dan Rp 75.000 (on the spot), acara akan dimulai dari pukul 08.00 WIB. Harga tiket sudah termasuk tiket masuk, seminar kit, makan siang, makanan ringan dan sertifikat.

Sedangkan, untuk kompetisi The 15th Economix : Global Economix peserta akan diberi tantang untuk mempromosikan “The Resurgence of Neo-Protectionism : A Changing World”. Peserta ditantang untuk mengamati fenomena ekonomi akibat praktik proteksionisme yang saat ini kembali muncul di beberapa bagian dunia. Dengan menggambarkan fenomena ekonomi tersebut, peserta bisa menguraikan hambatan atau peluang bagi ekonomi global. Oleh karena itu peserta harus menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan proteksionisme, memberikan solusi atas masalah, dan mengusulkan cara memanfaatkan peluang proteksionisme. Pengetahuan para peserta, hingga kemampuan untuk menguraikan masalah dan solusi akan dinilai oleh para hakim.

Melalui acara ini, panitia Economix MUN berharap bisa menjadi media para peserta dari berbagai latar belakang disiplin ilmu untuk berbagi, berdiskusi, dan menemukan solusi potensial untuk masalah ekonomi global saat ini. Selain itu, dengan mengangkat tema mengenai sosial-politik, sehingga acara ini bisa diikuti oleh mahasiswa berbagai jurusan, tidak hanya terbatas pada mahasiswa jurusan ekonomi.

Penulis: Juni Antari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *