Browse By

Serangan Keji Senjata Kimia di Suriah

Kecanggihan zaman telah dimanfaatkan untuk kepentingan rezim Syiah Bashar Al-Assad yang didukung sekutu Rusia. Selasa (4/4/2017)

Suriah masih terus bergejolak. Dikutip dari laman http://www.bbc.com/indonesia/dunia-39499518, kali ini Suriah kembali digemparkan oleh serangan senjata gas kimia yang dilakukan dengan pesawat tempur Bashar Al-Assad ke provinsi Idlib kota Khan Sheikhoun pagi hari sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Penyerangan ini melukai hingga 500 orang dan menewaskan sedikitnya 100 orang termasuk anak-anak.

Kejahatan manusia terburuk di sepanjang era modern

Perwakilan Edlib Media Center (EMC), Hussein Kayal ketika tiba di lokasi kejadian mengatakan tidak mencium bau apapun, hanya melihat banyak orang tergeletak di atas tanah, tidak bisa bergerak dengan mata terbelalak dan mulut berbusa. Serangan udara juga menyasar ke klinik dan rumah sakit dimana para korban dirawat. Serangan ini kemungkinan besar untuk menghilangkan bukti kejahatan rezim Syiah Bashar Al-Assad. Rezim Syiah Bashar Al-Assad tidak tanggung-tanggung untuk menghabisi seluruh nyawa korban yang tersisa masih hidup.

Gas kimia beracun 20 kali lebih berbahaya dari sianida

EMC dan LCC meyakini senjata gas kimia yang digunakan dalam penyerang ini merupakan Sarin. Sarin hampir mustahil untuk dideteksi karena bening, tidak berasa, dan tidak berbau. Sarin merupakan zat kimia yang menyerang saraf manusia dan dianggap 20 kali lebih mematikan dibanding sianida. Badan Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) telah melarang penggunaan senjata gas kimia ini untuk tujuan militer.

Retorika hegemoni Syiah

Kementerian Pertahanan Rusia dan rezim Syiah bersikeras tidak melakukan penyerangan gas kimia tersebut. Mereka berdalih bahwa paparan kimia itu berasal dari kebocoran gas dari sebuah gudang senjata kimia milik kelompok oposisi yang terkena serangan udara rezim Syiah. Kota Khan Sheikhoun yang nyatanya berada dalam penguasaan kelompok oposisi namun menurut rezim Syiah diserang oleh kelompok oposisi tersebut seperti yang telah terjadi di Aleppo tahun lalu. (Zurriyati)

Penyerangan dengan senjata kimia di Suriah pada kasus sebelumnya

  • Homs 23 Desember 2013 terkena serangan gas BZ yang mengakibatkan mati rasa, kebingungan, dan halusinasi
  • Khan ‘Asl Maret 2013 terkena serangan gas sarin
  • Ghouta Syarqiyah 21 Agustus 2013 terkena serangan gas sarin
  • Saraqib 29 april 2014 mendapat serangan gas sarin
  • Aleppo tahun 2014 2015 terkena serangan bom klorin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *