Browse By

Untunglah Susunya

Judul                      : Untunglah, Susunya

Penulis                   : Neil Gaiman

Penerjemah            : Djokolelono

Penerbit                 : PT Gramedia Pustaka Utama

Tebal                     : 128 halaman

Menulis cerita fantasi aneh dan ajaib dapat dibilang merupakan keahlian dari Neil Gaiman, penulis bestseller pemenang Newberry Medalist. Beberapa dari karyanya banyak yang diadaptasi kedalam film animasi. Buku ini merupakan terjemahan dari buku dengan judul aslinya Fortunately, The Milk. Diterjemahkan dengan apik oleh Djokolelono, membuat buku ini dapat dibaca dengan mudah tanpa kendala bahasa. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi karya Skottie Young yang disisipi dibeberapa halaman. Ilustrasi unik dan menarik khas Skottie Young membuat pembaca dengan mudah dapat menginterpretasikan cerita fiksi ini.

Buku ini mengisahkan tentang seorang ayah yang hendak membelikan sebotol susu untuk kedua anaknya yang ingin makan sereal, namun kehabisan susu di dalam kulkas. Karena Sang Ibu pergi beberapa hari untuk menghadiri suatu konferensi, berangkatlah Ayah untuk membelikan mereka susu di Toko Pojok yang cukup dekat dari rumah mereka di Jalan Marshall. Namun Ayah tak kunjung kembali dalam waktu yang sekiranya tidak akan selama itu jika hanya pergi untuk membeli susu ke Toko Pojok. Lalu tibalah Ayah ke rumah dengan membawa sebotol susu, sadar kedua anaknya menanti sangat lama, mulailah ia menceritakan petualangan ajaib yang ia alami selama perjalanannya pulang dari Toko Pojok. Cerita petualangan yang kiranya sangat menarik untuk didengarkan oleh kedua anaknya yang masih kecil, ia menceritakan bahwa dirinya diculik oleh piring terbang dan tak sengaja masuk kedalam mesin waktu milik alien-alien itu, yang membawanya bertemu dengan Ratu Bajak Laut yang hendak menghukumnya. Dengan segala keberuntungan yang ia miliki Ayah diselamatkan oleh sebuah balon udara yang dikendarai oleh dinosaurus yang dapat berbicara, hingga dimulailah petualangan panjangnya dengan dinosaurus ini ke negeri-negeri antah berantah, dengan mesin waktu temuan dinosaurus yang berjenis stegosaurus bernama Profesor Steg ini.

Bagian kesukaan saya adalah ketika twist mengenai Profesor Steg menjelang akhir cerita, yang terdapat pada halaman 96. Buku ini dapat dibaca dengan sekali membuka buku dan duduk sejenak, sehingga tak akan menyita waktu lama bahkan tidak satu kali dua puluh empat jam. (Ajung Suryadipta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *